Sabtu, 27 Oktober 2012

Bagaimana Cara CBIS Memperbaiki Kualitas Produk & Jasa Agar Perusahaan Dapat Mencapai Keunggulan yang Kompetitif??

BAB I
PENDAHULUAN

Agar suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk dan jasa yang dimilikinya kepada konsumen di berbagai belahan dunia maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikan petunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh semua komponen dalam perusahaan tersebut.
Sistem informasi yang tepat tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat akurat dan dapat di percaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan-keputusan strategis perusahaan untuk dapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini.

BAB II
PEMBAHASAN

Keunggulan kompetitif di dalam perusahaan dapat dilakukan dengna berbagai cara. Seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah, mutu yang lebih baik dari pesaing dan memenuhi suatu segmen pasar tertentu. Untuk lebih unggul dari pesaing tidak sepenuhnya hanya mengandalkan sumber daya fisik, tapi juga sumber daya konseptual seperti data dan informasi.

Usaha awal perusahaan menggunakan informasi sebgai suatu cara mencapai keunggulan kompetitif dan dimulai dengan membuat hubungan komputer dengan para pelanggan. Electronic Data Interchange (EDI) bagi perusahaan untuk berkumpul membuat suatu sistem antar organisasi Interorganizational system (IOS). EDI dapat menagani transmisi elektronik kepada dan dari pelanggan, pemasok, pemerintah dan masyarakat keuangan.

Cara CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif yaitu dengan adanya informasi. Sumber daya informasi mencakup :
1). Perangkat keras (fasilitas)
2). Perangkat lunak (database)
3). Spesialis informasi (informasi)
4). dan Pemakai.

Sumber daya yang ditempatkan dalam jasa informasi dikelola oleh CIO. Konsep CIO mengakui manager jasa informasi sebagai seorang eksekutif.

Mencapai CBIS
Dalam beberapa hal tiap subsistem dari CBIS menyerupai organisme hidup - lahir - bertumbuh dan kemudian menjadi matang berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut Siklus Kehidupan Sistem. dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut :
1). Perencanaan
2). Analisis
3). Rancangan
4). Penerapan
5). Penggunaan

Mengelola CBIS
Seiring berkembangnya CBIS manager merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialisasi informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manager mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manager dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialisasi informasi.

Menempakan CBIS dalam konteks
Manager sekarang tidak banyak mempunyai pilihan mengenai penggunaan komputer. Pertanyaan bukan lagi soal menggunakannya atau tidak tetapi seberapa ekstensip menggunakannya. Sebagian besar perusahaan telah menjadi sepenuhnya tergantung pada sistem pengolahan data berbasis komputer dan tidak melayani satu hari pun tanpanya.
Sebagian perusahaan juga telah mencapai sistem-sistem yang menyedikan informasi pemecahan masalah mempercepat arus komunikasi dan menyediakan keahlian yang sangat beragam.


REFERENSI :

www.scribd.com/doc/73448824/CBIS

Staff.uny.ac.id

edwinnisme.wordpress.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar