Senin, 15 Oktober 2012

Langkah-Langkah Manager dalam Mengelola Sumber Daya Fisik dan Konseptual

PENDAHULUAN

Secara umum berarti manager yaitu setiap orang yang mempunyai tanggung jawab kepada setiap bawahannyadan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya. Seperti halnya manajemen dapat dikemukakan oleh semua organisasi manusia, manager ada dalam semua tipe organisasi.
Ada banyak tipe manager dan dengan tugasnya masing-masing (tanggung jawab). Namun kali ini saya akan membahas langkah-langkah manager dalam mengelola sumber daya fisik dan konseptual, berikut pembahasannya;

PEMBAHASAN

Ada beberapa cara seorang manager mengelola sumber daya fisik yaitu ;
1. Sumber Daya Manusia
2. Sumber Daya Material
3. Sumber Daya Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
Sumber daya diperoleh dan disususn agar siap digunakan saat diperlukan. Sangat sering proses penyusunan melakukan perubahan seperti bahan mentah menjadi suatu bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau kontruksi bagian mesin yang lebih khusus.
Setelah sumber daya ini disusun manager berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya. Ia meminimalkan waktu yang terbuang dan kemudian menjaganya agar berfungsi pada efisien puncak.

Adapun langkah-langkah manager dalam mengelola sumber daya konseptual yaitu ;

Langkah awal yang dilakukan manager adalah memastikan bahwa data mentah yang digunakan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian manager memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.
Dan kemudian langkah terakhir yaitu dengan membuang data informasi yang telah lalu dan kemudian menggantinya dengan informasi yang lebih tepat dan akurat pada saat itu.

KESIMPULAN

Jadi setiap manager dalam mengelola sumber daya fisik dan konseptual harus benar-benar terorganisir dan teliti agar semua berjalan sesuai keinginan dan kecermatan seoranng manager.

DAFTAR PUSTAKA

Handoko Hani. T, Manajemen edisi 2 Yogyakarta.

www. google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar